Thursday, April 26, 2012

Pengertian Media pembelajaran

Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah dapat di artikan sebagai perantara atau pengantar. Menurut Heinich, Molenda, dan Russel (1990) di ungkapkan bahwa media is a channel of communication. Derived from the latin word for “between”, the term refers “to anything that carries information between a source and a receiver.

Lesle J. Briggs (1979), menyatakan bahwa media pembelajaran sebagai “the physical means of conveying instructional content……book, films, videotapes,etc.lebih jauh briggs menyatakan media adalah “alat untuk memberi perangsang bagi peserta didik supaya terjadi prosses belajar.

Rossi dan Breidle (1966), mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat di pakai untuk tujuan pendidikan, seperti radio, televise, buku, Koran, majalah, dan sebagainya. Menurut Rossi, alat-alat semacam radio dan televisi kalau di gunakan dan di program untuk pendidikan, maka merupakan media pembelajaran.

Namun demikian, media bukan hanya berupa alat atau bahan saja, akan tetapi hal-hal lain yang memungkinkan siswa dapat memperoleh pengetahuan. Gerlach dan Ely (1980: 244) menyatakan: “A medium, conceived is any person, material or event that establishs condition which enable the learner to acquire knowledge, skill and attitude”. Menurut gerlach secara umum media itu meliputi orang, bahan, peralatan atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memeungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Jadi, dalam pengerian ini media media bukan hanya alat perantara seperti TV,radio, slide, bahan cetakan, akan tetapi meliputi orang atau manusia sebagai sumber belajar atau juga berupa kegiatan semacam diskusi, seminar, karyawisata, simulasi dan lain sebagainya yang di kondisikan untuk menambah pengetahuan dan wawasan, mengubah sikap siswa atau untuk menambah keterampilan.

Selain pengertian di atas, ada juga yang berpendapat bahwa media pengajaran meliputi perangkat keras (hardware) dan perangat lunak (software). Hardware adalah alat-alat yang dapat mengantar pesan seperti Over Head, Projector, radio, televise, dan sebagainya. Sedangkan Software adalah isi program yang mengandung  pesan seperti informasi yang terdapat pada transparansi atau buku dan bahan-bahan cetakan lainya, cerita yang terkandung dalam film atau materi yang di suguhkan dalam bentuk bagan, grafik, diagram, dan lain sebagainya.


Bacaan yang Mungkin Terkait:

No comments:

Post a Comment

free counters