Sunday, May 20, 2012

Asal Usul Ilmu Psikologi

Kita dapat menelusuri akar ilmu psikologi hingga abad kelima dan keempat sebelum masehi. Para ahli filsafat Yunani yang terkenal ,seperti Sokrates, Plato, dan Aristoteles, sering mengajukan pertanyaan tentang hakikat kejiwaan. Pertanyaan-pertanyaan itu misalnya: Apakah segala sesuatu yang kita rasakan adalah benar? Apakah yang dimaksud dengan kesadaran itu? Apakah kita memiliki kehendak bebas untuk menentukan nasib kita sendiri? Sehingga dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa ilmu psikologi berakar dari filsafat.
Setelah masa kejayaan Yunani berlalu, maka St. Agustinus (354-430) dapat dianggap sebagai tokoh besar dalam bidang psikologi modern, dikarenakan rasa keingintahuanya terhadap hal-hal yang berbau psikologi, seperti perilaku bayi dan perilaku masyarakat yang sedang menonton pertandingan kereta kuda.

Descartes (1596-1650) memberikan sumbangsih dalam psikologi karena teori yang diajukanya bahwa hewan adalah mesin yang dapat dipelajari seperti halnya mempelajari mesin lainya. Selain itu, Descartes juga memperkenalkan konsep kerja refleks yang mendapat tempat penting dalam psikologi. Banyak ahli filsafat lain pada abad ketujuh belas dan kedelapan belas seperti Leibnitz, Hobbes, Locke, Kant, dan Hume yang memberikan sumbangan penting dalam psikologi.

Sumber: Ivan Taniputera. 2005. Psikologi Kepribadian: Psikologi Barat Versus Buddhisme. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Bacaan yang Mungkin Terkait:

1 comment:

free counters