Sunday, June 3, 2012

Penyusunan Proposal Penelitian

Pada umumnya proposal penelitian memuat 3 bagian, yaitu: bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir. Masing-masing bagian ini akan dibagi menjadi bagian yang lebih terperinci, dan akan diperjelaskan mengenai maksud dan isinya.
A. Bagian awal
1.  Halaman judul
Halaman judul memuat: judul, maksud proposal, logo lembaga, nama, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), instansi yang dituju dan tahun pengajuan.

2.  Halaman persetujuan
Halaman persetujuan memuat pernyataan dari pembimbing lengkap dengan tanda tangan dan tanggal, dengan diketahui pimpinan bahwa proposal yang dibuat oleh peneliti yang bersangkutan telah siap untuk dioperasionalkan.

3.  Daftar isi
Daftar isi memuat sub bab yang di bahas dalam penelitian itu sendiri sekaligus dengan nomor halamanya agar pembaca mudah mencarinya. 

B. Bagian utama
Bagian utama proposal penelitian memuat latar belakang masalah, perumusan masalah/focus penelitian, tujuan penelitian, hipotesis (bila ada), kegunan penelitian, penegasan istilah, tinjauan pustaka, kerangka konseptual, paradigm penelitian, metode penelitian, sistematika pembahasan, daftar rujukan, dan lampiran yang terdiri: rancangan daftar isi, instrument pengumpulan data, dan hal lain yang dianggap perlu.
1.     Latar Belakang Masalah
Latar belakang masalah mengungkapkan permasalahan-permasalahan yang akan diteliti, sehingga dapat diketahui hal-hal yang melandasi munculnya penelitian. Latar belakang hendaknya disusun secara proporsional dan mampu mencakup seluruh masalah yang akan diteliti. Masalah-masalah tersebut bersumber dari pengalaman di lingkungan pekerjaan peneliti, deduksi dari suatu teori, dan laporan penelitian.

Dalam penelitian kuantitatif latar belakang masalah didalamnya mengemukakan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan (das sollen  dan das sein), baik kesenjangan teoritis naupun kesenjangan praktis yang melatar belakangi masalah yang akan diteliti. Pada latar belakang ini dipaparkan secara ringkas teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan seminar dan diskusi ilmiah ataupun pengalaman-pangalaman pribadi yang terkait erat dengan pokok masalah yang akan diteliti. Dengan demikian masalah yang dipilih untuk diteliti memiliki landasan berpijak yang kuat dan kokoh.

Sedangkan dalam penelitian kualitatif latar belakang masalah (konteks penelitian), berisi tentang penjelasan mengenai problematika yang akan diteliti dan alas an-alasan mengapa masalah yang dikemukakan menarik, penting dan perlu diteliti, serta belum pernah dipecahkan oleh peneliti terdahulu, sehingga menunjukkan keorsinilan persoalan yang akan diteliti.

2.     Rumusan Masalah/Fokus Penelitian
Rumusan masalah (dalam penelitian kuantitatif)merupakan hulu dari penelitian, dan merupakan langkah ang penting dan pekerjaan yang sulit dalam penelitian ilmiah. Perumusan masalah merupakan upaya untuk menyatakan secara tersurat pernyatan-pernyataan yang hendak dicarikan jawabannya. Perumusan masalah merupakan pernyataan yang lengkap dan rinci mengenai ruang lingkup masalah yang akan duteliti berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah.

Adapun fokus penelitian (dalam penelitian kualitatif) berisi tentang rincian pernyataan-pernyataan tentang cakupan atau topik-topik inti yang akan diungkap/digali dalam penelitian. Fokus penelitian bisa berupa pertanyaan-pertanyaan atau pernyataan-pernyataan masalah yang nantinya akan dicari dan di jawab dalam penelitian dan pernyataan masalah di ajukan untuk mengetahui gambaran apa yang akan di ungkapkan dilapangan.

3.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian merupakan gambaran tentang arah yang akan di tuju dalam penelitian. Tujuan penelitian harus mengacu pada masalah-masalah yang telah di rumuskan sebelumnya.

4.     Hipotesis Penelitian (dalam penelitian kuantitatif)
Hipotesis penelitian adalah jawaban sementara yang disususn oleh peneliti sebelum melkukan penelitian, yang harus di buktikan melalui penelitian.

5.     Kegunaan Hasil Penelitian
Pada bagian ini peneliti menjelaskan kontribusi yang akan diberikan setelah selesai penelitian. Kegunaan penelitian dapat berupa kegunaan secara ilmiah (kegunaan teoritis) dan kegunaan praktis seperti kegunaan bagi penulis, instansi dan masyarakat secara umum. Kegunaan penelitian ini harus riil, sesuai dengan kenyataan dan tidak mengada-ngada.

6.     Penegasan Istilah
Istilah-istilah yang perlu ditegaskan dalam bagian ini adalah istilah yang beragam. Istilah harus ditegaskan secara konseptual dan secara operasional. Istilah yang ditegaskan adalah istilah yang mengarah ke variabel penelitian dan mendukung variabel. Definisi operasional merupakan cara penulisan taktis agar konsep bisa berhubungan dengan praktek, dengan kenyataan, atau dengan fakta, sesuai dengan namanya, tulisan, definisi ini menyatakan kesiapan untuk dioperasikan. Dengan kata lain definisi operasional adalah definisi yang didasarkan atas sifat-sifat hal yang akan didefinisikan yang dapat diamati.

Tentang cara menyusun definisi operasional dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu;
a.Yang menekankan pada kegiatan apa yang perlu dilakukan
b.Menekankan bagaimana kegiatan itu dilakukan
c.Menekankan sifat-sifat statis hal yang didefinisikan.

7.     Tinjauan Pustaka
      Tinjauan pustaka terdiri dari:
a.Teori-teori atau konsep-konsep dari para pakar yang relevan dengan fokus penelitian atau variabel penelitian.
b.Tinjauan hasil penelitian dengan tema yang sama atau mirip pada masa-masa sebelumnya hingga saat penulisan proposal. Berdasarkan penjabaran tersebut, posisi penelitian yang akan dilakukan harus dijelaskan.

8.     Kerangka konseptual
Kerangka konseptual adalah fenomena/variabel yang akan diteliti atau digali yang dipaparkan dalam bentuk skema atau matrik. Kerangka konseptual ini hanya ada pada penelitian kuantitatif.

9.     Paradigma Penelitian
Paradigma penelitian adalah alur pikir yang akan di teliti berdasarkan teori-teori/ konsep-konsep para pakar yang menggambarkan alur teoritik penelitian sesuai dengan rumusan masalah atau variabel penelitian. Penelitian tersebut berlaku pada penelitian kuantitatif. Sedangkan dalam penelitian kualitatif paradigma penelian adalah alur pikir yang di gunakan sebagai alat teropong/ pijakan untuk membantu peneliti menggali data lapangan, agar peneliti tidak membuat persepsi sendiri.

10. Metode Penelitian
Pada bagia ini peneliti menjelaskan cara yang akan dilakukan dalam penelitian. Adapun penggunaan metode penelitian adalah sebagai berikut:
a.Penelitian kuantitatif meliputi: Pendekatan dan rancangan penelitian, populasi dan sampel penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, serta teknik analisis data.
b.Penelitian kualitatif meliputi: Pendekatan dan rancangan penelitian, kehadiran peneliti, sumber data, teknik pengumpulan data, analisis data, pengecekan keabsahan data, serta tahapan-tahapan penelitian.

11. Sistematika Pembahasan
Pada bagian ini peneliti menjelaskan urutan-urutan yang akan di bahas dalam penyusunan laporan penelitian. Sistematika di ungkapkan dalam bentuk deskripsi singkat masing-masing bab, bukan numerik seperti daftar isi. Sistematika pembahasan bisa juga berupa pengungkapan alur bahasan sehingga dapat di kethui logika penyusunan dan koherensi antara satu bagian dan bagian yang lain. Kerna itu lebih di tekankan pada “mengapa” di tulis dan bukan “apa” yang di tulis.
  
C. Bagian Akhir
Bagian akhir proposal meliputi:
1.  Daftar rujuakan
  Daftar rujukan adalah sumber literatur yang di gunakan sebagai referensi pokok dalam proposal.
2.  Lampiran
Lampiran proposal terdiri dari: Rancangan daftar isi, rancangan instrumen pengumpulan data, dan hal lain yang di anggap perlu.

Sumber: Ahmad Tanzeh. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras


Bacaan yang Mungkin Terkait:

2 comments:

  1. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik, seperti berikut ini :

    -BONUS NEW MEMBER 10.000
    -BONUS REFERRAL 10%
    -BONUS ROLLINGAN 0.3-0.5% SETIAP MINGGUNYA
    -BONUS EVENT BULANAN(JIKA SEDANG ADA EVENT TERTENTU)

    WHATSAPP : +855884660017
    LINE : POKER899

    AGEN POKER TERBAIK DIINDONESIA
    AGEN JUDI ONLINE BERKUALITAS
    AGEN POKER SANGAT AMAN TERPERCAYA
    AGEN OMAHA BERKUALITAS TERJAMIN AMAN
    BANDAR CEME TERPERCAYA TERBAIK
    POKER899
    AGEN DOMINO TERAMAN DAN TERPERCAYA
    BANDAR CAPSA YANG PALING AMAN

    ReplyDelete
  2. Trimakasih gan,, blog anda berguna bagi remaja seperti saya dalam membuat laporan.. :)

    ReplyDelete

free counters