Kegiatan
evaluasi dalam proses belajar mengajar mempunyai beberapa karakteristik
penting, diantaranya sebagai berikut.
1.Memiliki
implikasi tidak langsung terhadap siswa yang dievaluasi. Hal ini terjadi
misalnya seorang guru melakukan penilaian terhadap kemampuan yang tidak tampak
dari siswa. Apa yang dilakukan adalah ia lebihj banyak menafsir melalui
beberapa aspek penting yang diizinkan seperti melalui penampilan, ketrampilan
atau reaksi mereka terhadap sesuatu stimulus yang diberikan secara terrencana.
2.Lebih
bersifat tidak lengkap. Dikarenakan evaluasi tidak dilakukan secara
kontinkontinu maka hanya merupakan sebagian fenomena saja. Atau dengan kata
lain, apa yang dievaluasi hanya sesuai dengan pertanyaan item yang direncanakan
oleh seorang guru.
3.Mempunyai
sifat kebermaknaan relative. Ini berarti, hasil penilaian tergantung pada
pokok ukur yang digunakan oleh guru. Disamping itu, evaluasipun tergantung
dengan tingkat ketelitian alat ukur yang digunakan. Sebagai contoh, jika kita
mengukur objek dengan penggaris yang mempunyai ketelitian setengah mili meter
akan diperoleh hasil pengukuran yang kasar. Sebaliknya, jika seeorang guru
mengukur dengan menggunakan alat mikro meter yang biasanya mempunyai ketelitian
0.2 milimeter maka hasil pegukuran hasil pengukuran yang dilakukan akan
memperoleh hasil ukur yang lebih teliti.
Disamping
karakteristik, evaluasi juga mempunyai fungsi yang bervariasi didalam proses
belajar mengajar, yaitu sebagai berikut.
1.Sebagai
alat guna mengetahui apakah peserta didik telah menguasai pengetahuan,
nilai-nilai, dan ketrampilan yang telah diberikan oleh seorang guru.
2.Untuk
mengetahui aspek-aspek kelemahan peserta didik dalam melakukan kegiatan
belajar.
3.Mengetahui
tingkat ketercapaian siswa dalam kegiatan belajar.
4.Sebagai
sarana umpan balik bagi seorang guru, yang bersumber dari siswa.
5.Sebagai
alat untuk mengetahui perkembangan belajar siswa.
6.Sebagai
materi utama laporan hasil belajar kepada para orang tua siswa.
Demikian
bervariasinya fungsi evaluasi, maka sangat penting bagi para guru agar ketika
merencanakan kegiatan evaluasi, sebaiknya perlu mempertimbangkan lebih dulu
fingsi dan kerakteristik evaluasi yang manakah, yang hendak dibuat untuk para
siswa.
No comments:
Post a Comment