Sunday, May 20, 2012

Karakteristik dan Fungsi Evaluasi

Kegiatan evaluasi dalam proses belajar mengajar mempunyai beberapa karakteristik penting, diantaranya sebagai berikut.
1.Memiliki implikasi tidak langsung terhadap siswa yang dievaluasi. Hal ini terjadi misalnya seorang guru melakukan penilaian terhadap kemampuan yang tidak tampak dari siswa. Apa yang dilakukan adalah ia lebihj banyak menafsir melalui beberapa aspek penting yang diizinkan seperti melalui penampilan, ketrampilan atau reaksi mereka terhadap sesuatu stimulus yang diberikan secara terrencana.
2.Lebih bersifat tidak lengkap. Dikarenakan evaluasi tidak dilakukan secara kontinkontinu maka hanya merupakan sebagian fenomena saja. Atau dengan kata lain, apa yang dievaluasi hanya sesuai dengan pertanyaan item yang direncanakan oleh seorang guru. 
3.Mempunyai sifat kebermaknaan relative. Ini berarti, hasil penilaian tergantung pada pokok ukur yang digunakan oleh guru. Disamping itu, evaluasipun tergantung dengan tingkat ketelitian alat ukur yang digunakan. Sebagai contoh, jika kita mengukur objek dengan penggaris yang mempunyai ketelitian setengah mili meter akan diperoleh hasil pengukuran yang kasar. Sebaliknya, jika seeorang guru mengukur dengan menggunakan alat mikro meter yang biasanya mempunyai ketelitian 0.2 milimeter maka hasil pegukuran hasil pengukuran yang dilakukan akan memperoleh hasil ukur yang lebih teliti.

Disamping karakteristik, evaluasi juga mempunyai fungsi yang bervariasi didalam proses belajar mengajar, yaitu sebagai berikut.
1.Sebagai alat guna mengetahui apakah peserta didik telah menguasai pengetahuan, nilai-nilai, dan ketrampilan yang telah diberikan oleh seorang guru.
2.Untuk mengetahui aspek-aspek kelemahan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar.
3.Mengetahui tingkat ketercapaian  siswa dalam kegiatan belajar.
4.Sebagai sarana umpan balik bagi seorang guru, yang bersumber dari siswa.
5.Sebagai alat untuk mengetahui perkembangan belajar siswa.
6.Sebagai materi utama laporan hasil belajar kepada para orang tua siswa.

Demikian bervariasinya fungsi evaluasi, maka sangat penting bagi para guru agar ketika merencanakan kegiatan evaluasi, sebaiknya perlu mempertimbangkan lebih dulu fingsi dan kerakteristik evaluasi yang manakah, yang hendak dibuat untuk para siswa.


Bacaan yang Mungkin Terkait:

No comments:

Post a Comment

free counters