Dalam implementasi
pembelajaran tematik di sekolah dasar mempunyai berbagai implikasi yang
mencakup:
A. Implikasi-Implikasi Pembelajaran
Tematik
1)
Implikasi Bagi
Guru
Pembelajaran tematik
memerlukan guru yang kreatif baik dalam menyiapkan kegiatan/pengalaman belajar
bagi anak, juga dalam memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan
mengaturnya agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, menyenangkan dan
utuh.
2)
Implikasi Bagi Siswa
a)
Siswa harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran yang dalam pelaksanaannya
dimungkinkan untuk bekerja baik secara individual, pasangan, kelompok kecil
ataupun klasikal.
b)
Siswa harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran yang bervariasi secara aktif
misalnya melakukan diskusi kelompok, mengadakan penelitian sederhana, dan
pemecahan masalah
3)
Implikasi
Terhadap Sarana, Prasarana, Sumber Belajar dan
Media
a)
Pembelajaran tematik pada hakekatnya menekankan pada siswa baik secara
individual maupun kelompok untuk aktif mencari, menggali dan menemukan konsep
serta prinsip-prinsip secara holistik dan otentik. Oleh karena itu, dalam
pelaksanaannya memerlukan berbagai sarana dan prasarana belajar.
b)
Pembelajaran ini perlu memanfaatkan berbagai sumber belajar baik yang
sifatnya didisain secara khusus untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran (by
design), maupun sumber belajar yang tersedia di lingkungan yang dapat dimanfaatkan
(by utilization).
c)
Pembelajaran ini juga perlu mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran
yang bervariasi sehingga akan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang
abstrak.
d) Penerapan pembelajaran tematik
di sekolah dasar masih dapat menggunakan buku ajar yang sudah ada saat ini
untuk masing-masing mata pelajaran dan dimungkinkan pula untuk menggunakan buku
suplemen khusus yang memuat bahan ajar yang terintegrasi
4)
Implikasi Terhadap Pengaturan Ruangan
Dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran tematik perlu melakukan pengaturan ruang agar suasana belajar
menyenangkan. Pengaturan ruang tersebut meliputi:
(1) Ruang perlu ditata disesuaikan
dengan tema yang sedang dilaksanakan.
(2) Susunan bangku peserta didik
dapat berubah-ubah disesuaikan dengan keperluan pembelajaran yang sedang
berlangsung
(3) Peserta didik tidak selalu
duduk di kursi tetapi dapat duduk di tikar/karpet.
(4) Kegiatan hendaknya bervariasi
dan dapat dilaksanakan baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
(5) Dinding kelas dapat
dimanfaatkan untuk memajang hasil karya peserta didik dan dimanfaatkan sebagai
sumber belajar
(6) Alat, sarana dan sumber belajar hendaknya dikelola sehingga
memudahkan peserta didik untuk menggunakan dan menyimpannya kembali.
5)
Implikasi Terhadap Pemilihan Metode
Sesuai dengan karakteristik
pembelajaran tematik, maka dalam pembelajaran yang dilakukan perlu disiapkan
berbagai variasi kegiatan dengan menggunakan multi metode. Misalnya percobaan,
bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, bercakap-cakap.
B. Rambu-Rambu Pembelajaran
Tematik
- Tidak
semua mata pelajaran harus dipadukan
- Dimungkinkan
terjadi penggabungan kompetensi dasar lintas semester
- Kompetensi
dasar yang tidak dapat dipadukan, jangan dipaksakan untuk dipadukan.
Kompetensi dasar yang tidak diintegrasikan dibelajarkan secara tersendiri.
- Kompetensi
dasar yang tidak tercakup pada tema tertentu harus tetap diajarkan baik
melalui tema lain maupun disajikan secara tersendiri.
- Kegiatan
pembelajaran ditekankan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung
serta penanaman nilai-nilai moral
- Tema-tema
yang dipilih disesuaikan dengan karakteristik siswa, minat, lingkungan,
dan daerah setempat
C.
Langkah-Langkah Pembelajaran Termatik
1.
Membaca dan memahami semua KD pada kelas dan semester yang sama setiap mata
pelajaran (MP)
2.
Memilih tema yang dapat mempersatukan Kompetensi-kompetensi tsb
3.
Membuat matriks hubungan KD dengan tema. Dalam langkah ini penyusun
memperkirakan dan menentukan kompetensi-kompetensi dasar setiap Mpyang cocok
dikembangkan dengan temayang sudah dipilih
4.
Membuat pemetaan KD yaitu menempatkan KD dari setiap mata pelajaran yang
sesuai dengan tema. Dalam hal ini terlihat kaitan antara tema dengan KD dari
setiap MP
5.
Menyusun silabus pembelajaran tematik berdasarkan petemetan KD
Pembelajaran
tematik memerlukan perencanaan dan pengorganisasian agar dapat berhasil dengan
baik. Ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam merancang pembelajaran
tematik, yaitu: (1) memilih tema, (2) mengorganisir tema, (3) mengumpulkan
bahan dan sumber, (4) Mendesain kegiatan dan proyek, dan (5)
mengimplementasikan satuan pelajaran.
·
Memilih Tema
Topik
untuk pembelajaran tematik dapat berasal dari beberapa sumber. Inilah beberapa
di antaranya:
a. Topik-topik
dalam kurikulum
b. Isu-isu
c. Masalah-masalah
d. Event-event
khusus
e. Minat
siswa
f. Literatur
·
Mengorganisasikan Tema
Pengorganisasian
tema dilakukan dengan menggunakan jaringan topik, seperti contoh berikut ini.
·
Mengumpulkan Bahan dan Sumber
Pembelajaran
tematik berbeda dengan pembelajaran berdasarkan buku paket tidak hanya dalam
mendesain, melainkan juga berbagai bahan yang digunakan. Inilah beberapa
sumber:
(1) Sumber-sumber
yang tercetak
(2) Sumber-sumber
visual
(3) Sumber-sumber
literatur
(4) Artifac.
·
Mendesain Kegiatan dan Proyek
Beberapa cara mendasain kegiatan dan proyek di sarankan
sebagai berikut:
a)
Integrasikan bahasa-membaca, menulis, berbicara,
dan mendengar.
b)
Hendaknya bersifat holistik.
c)
Tekankan pada pada pendekatan “hands-on, minds-on”.
d)
Sifatnya lintas kurikulum.
·
Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik
Beberapa kemungkinan implementasi:
a. Lakukan
pembelajaran tematik sepanjang hari, untuk beberapa hari.
b. Lakukan
pembelajaran tematik selama setengah hari untuk beberapa hari.
c. Gunakan
pembelajaran tematik untuk satu atau dua mata pelajaran.
d. Gunakan
pembelajaran tematik untuk beberapa mata pelajaran.
e. Gunakan
pembelajaran tematik untuk kegiatan lanjutan.
makasih sudah berbagi info ini kak
ReplyDeletealfamart karir
Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT
ReplyDeleteWell over 160000 women and men are losing weight with a simple and secret "liquids hack" to drop 2lbs every night as they sleep.
It's proven and it works on anybody.
You can do it yourself by following these easy steps:
1) Take a clear glass and fill it with water half the way
2) Proceed to follow this crazy HACK
so you'll be 2lbs thinner the next day!