Pemetaan tema dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan
utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai
mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan ini, menurut
Tim Puskur Departemen Pendidikan Nasional, dapat dilakukan dengan :
- Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
Melakukan kegiatan penjabaran
standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam
indikator. Dalam mengembangkan indikator perlu memperhatikan hal-hal sebagai
berikut :
·
Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik.
·
Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
·
Dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diamati.
- Menentukan tema
Dalam menentukan tema dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama,
mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam
masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menentukan tema yang sesuai.
Cara kedua, menetapkan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan, untuk
menentukan tema tersebut, guru dapat bekerja sama dengan peserta didik sehingga
sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
- Identifikasi dan analisis Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan IndikatorIdentifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator disesuaikan dengan setiap tema sehingga semua standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator terbagi habis.
B.
Kegiatan Pemetaan Keterhubungan KD dan Indikator ke dalam Tema
Pemetaan KD dan indikator ke dalam tema dimulai dengan kegiatan sebagai
berikut :
1.
Memetakan semua mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3. Karena
pembelajaran tematik adalah keterpaduan berbagai mata pelajaran yang diikat dengan
tema, dalam pemetaan tema harus dimulai dengan pemetaan mata pelajaran yang
diajarkan di kelas 1-3.
2.
Mengidentifikasi Standar Kompetensi dalam setiap mata pelajaran yang
diajarkan di kelas 1-3.
3.
Mengidentifikasi Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran yang diajarkan di
kelas 1-3.
4.
Menjabarkan Kompetensi Dasar ke dalam indikator. Penjabaran kompetensi
dasar ke dalam indikator, menurut Najib Sulhan (2006) dapat menggunakan format
berikut :
Contoh Penjabaran KD ke dalam
Indikator 9.1
Mata Pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Matematika
|
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
Membilang banyak benda
|
Membilang atau menghitung secara urut.
|
Menyebutkan banyak benda.
|
|||
Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih
sedikit, atau sama banyak.
|
|||
Membaca dan menulis lambang bilangan.
|
|||
Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
sampai 20.
|
|||
IPS
|
Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati
dalam kemajemukan keluarga
|
Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat.
|
Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
|
Menyebutkan nama ayah, ibu, saudara dan wali.
|
|||
Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah.
|
|||
IPA
|
Mengenal
bagianbagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
|
Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan
|
|
Dst.
|
5.
Mengidentifikasi tema-tema berdasarkan keterpaduan Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar, dan Indikator dari semua mata pelajaran yang diajarkan di
kelas 1-3. Melakukan identifikasi dan analisis untuk setiap SK, KD dan
indikator harus cocok untuk setiap tema sehingga semua SK, KD, dan Indikator
terbagi habis, akan tetapi jika terdapat kompetensi yang tidak tercakup pada
tema tertentu tetap diajarkan melalui tema lain ataupun disajikan secara
tersendiri. Artinya untuk SK, KD, dan Indikator yang tidak dapat dipadukan
dengan mata pelajaran lain disajikan secara tersendiri.
Contoh keterhubungan tema
dengan KD dan indikator 9.2
C.
Kegiatan Pemetaan Keterhubungan Tema ke dalam Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar, dan Indikator
Pemetaan keterhubungan tema dengan Standar Kompetensi, KD dan Indikator
dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut :
- Mengidentifikasi tema-tema yang digunakan sebagai pengikat keterpaduan
berbagai mata pelajaran.
- Memetakan semua mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3. Karena
pembelajaran tematik adalah keterpaduan berbagai mata pelajaran yang
diikat dengan tema, dalam pemetaan tema harus dimulai dengan pemetaan mata
pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3.
- Mengidentifikasi Standar Kompetensi dalam setiap mata pelajaran yang
diajarkan di kelas 1-3.
- Mengidentifikasi Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran yang diajarkan
di kelas 1-3.
- Menjabarkan Kompetensi Dasar ke dalam Indikator.
- Menganalisis keterhubungan tema-tema dengan Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar, dan Indikator dari semua mata pelajaran yang diajarkan
di kelas 1-3. Analisis keterhubungan tema-tema dengan SK, KD, dan
Indikator, seperti dijelaskan Najib Sulhan (2006) dapat menggunakan bantuan
format seperti tabel berikut :
Contoh Pemetaan Keterhubungan
KD dan Indikator ke dalam Tema 9.3
Mata Pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tema
|
||||
Diri
Sendiri
|
Hari
Libur
|
Maulid
Nabi
|
Trans-portasi
|
Dst.
|
||||
Matematika
|
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
Membilang banyak benda
|
Membilang atau menghitung secara urut
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Menyebutkan banyak benda
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih
sedikit, atau sama banyak
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
Membaca dan menulis lambang bilangan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
sampai 20
|
√
|
√
|
-
|
√
|
||||
IPS
|
Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati
dalam kemajemu-kan keluarga
|
Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
|
Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
|
√
|
√
|
-
|
√
|
|
Menyebutkan nama ayah, ibu, saudara dan wali
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
Menyebutkan alamat tempat tinggal
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
IPA
|
Mengenal bagianbagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan
hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
|
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan
sekolah melalui pengamatan
|
||||||
Dst.
|
Blognya keren banget..
ReplyDelete