Jumat, 14 Juni 2013

Jaringan Tema

A.    Prosedur Pemetaan Tema
Pemetaan tema dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan ini, menurut Tim Puskur Departemen Pendidikan Nasional, dapat dilakukan dengan :
  1. Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
Melakukan kegiatan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam mengembangkan indikator perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
·         Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik.
·         Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
·         Dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diamati.

  1. Menentukan tema
Dalam menentukan tema dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menentukan tema yang sesuai. Cara kedua, menetapkan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan, untuk menentukan tema tersebut, guru dapat bekerja sama dengan peserta didik sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.

  1. Identifikasi dan analisis Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan IndikatorIdentifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator disesuaikan dengan setiap tema sehingga semua standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator terbagi habis.

B.     Kegiatan Pemetaan Keterhubungan KD dan Indikator ke dalam Tema
Pemetaan KD dan indikator ke dalam tema dimulai dengan kegiatan sebagai berikut :
1.       Memetakan semua mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3. Karena pembelajaran tematik adalah keterpaduan berbagai mata pelajaran yang diikat dengan tema, dalam pemetaan tema harus dimulai dengan pemetaan mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3.
2.       Mengidentifikasi Standar Kompetensi dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3.
3.       Mengidentifikasi Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3.
4.       Menjabarkan Kompetensi Dasar ke dalam indikator. Penjabaran kompetensi dasar ke dalam indikator, menurut Najib Sulhan (2006) dapat menggunakan format berikut :
Contoh Penjabaran KD ke dalam Indikator 9.1

Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
Membilang banyak benda
Membilang atau menghitung secara urut.
Menyebutkan banyak benda.
Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak.
Membaca dan menulis lambang bilangan.
Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
IPS
Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat.
Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
Menyebutkan nama ayah, ibu, saudara dan wali.
Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah.
IPA
Mengenal bagianbagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup

Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan


Dst.





5.       Mengidentifikasi tema-tema berdasarkan keterpaduan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dari semua mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3. Melakukan identifikasi dan analisis untuk setiap SK, KD dan indikator harus cocok untuk setiap tema sehingga semua SK, KD, dan Indikator terbagi habis, akan tetapi jika terdapat kompetensi yang tidak tercakup pada tema tertentu tetap diajarkan melalui tema lain ataupun disajikan secara tersendiri. Artinya untuk SK, KD, dan Indikator yang tidak dapat dipadukan dengan mata pelajaran lain disajikan secara tersendiri.

Contoh keterhubungan tema dengan KD dan indikator 9.2





C.    Kegiatan Pemetaan Keterhubungan Tema ke dalam Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator
Pemetaan keterhubungan tema dengan Standar Kompetensi, KD dan Indikator dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut :
  1. Mengidentifikasi tema-tema yang digunakan sebagai pengikat keterpaduan berbagai mata pelajaran.
  2. Memetakan semua mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3. Karena pembelajaran tematik adalah keterpaduan berbagai mata pelajaran yang diikat dengan tema, dalam pemetaan tema harus dimulai dengan pemetaan mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3.
  3. Mengidentifikasi Standar Kompetensi dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3.
  4. Mengidentifikasi Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3.
  5. Menjabarkan Kompetensi Dasar ke dalam Indikator.
  6. Menganalisis keterhubungan tema-tema dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dari semua mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3. Analisis keterhubungan tema-tema dengan SK, KD, dan Indikator, seperti dijelaskan Najib Sulhan (2006) dapat menggunakan bantuan format seperti tabel berikut :

Contoh Pemetaan Keterhubungan KD dan Indikator ke dalam Tema 9.3
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Tema
Diri
Sendiri
Hari
Libur
Maulid
Nabi
Trans-portasi
Dst.
Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
Membilang banyak benda
Membilang atau menghitung secara urut

Menyebutkan banyak benda

Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak

Membaca dan menulis lambang bilangan

Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan sampai 20
-

IPS
Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemu-kan keluarga
Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
-

Menyebutkan nama ayah, ibu, saudara dan wali

Menyebutkan alamat tempat tinggal

Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah

IPA
Mengenal bagianbagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup

Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan







Dst.










Bacaan yang Mungkin Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar