Sabtu, 26 Mei 2012

Pengertian, Bentuk dan Peran dalam Organisasi

BAB 1
PENDAHULUAN
A.  Latar belakang
            Manusia adalah mahluk individu sekaligus mahluk social yang hidup di lingkungan. Sebagai makhluk sosil,manusia harus berkomunikasi  dengan orang lain.Sebagai makhluk sosial,setiap manusiapun mempunyai hak dan kewajiban.Hak dan kewajiban tersebut harus di penuhi untuk mempertahankan  hidupnya.
Dengan mempelajari peran serta organisasi seseorang atau organisasi itu bisa  mendapatkan pengetahuan-pengetahuan mengenai organisasi. Organisasi merupakan sebuah perkumpulan yang beranggotakan orang-orang yang mempunyai kesamaan tujuan organisasi sangat penting didasari oleh bangsa Indonesia sejak dulu.
Semoga usaha penilis yang sangat sederhana ini mendapat ridlo dari allah, sehingga kehadiarannya makalah di di temgah-tengah masyarakat Islam mendapat sambutan hangat serta di amalkan isinya dan semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. Amin.

B. Rumusan Masalah
A. Apa pengertian Berorganisasi?    
B. Apa pentingnya organisasi?
C. Apa saja bentuk organisasi?
D. Apa peran serta dalam organisasi?

C. Tujuan  
A. Pembaca dapat mengtahui pengertian Organisasi
B. Pembaca dapat mengetahui pentingnya organisasi
C. Pembaca dapat mengetahui bentuk –bentuk organisasi
D. Pembaca dapat mengetahui peran serta dalam organisasi                    

BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Organisasi
          Organisasi adalah bentuk perkumpulan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untukmencapai tujuan yang diinginkan bersama. Ada beberapa unsur yang
diperlukan dalam suatuorganisasi. Tujuannya, agar organisasi berjalanlancar dan bisa meraih semua tujuan atau cita-cita yang telah ditentukan.
Kini ,di alam kemerdekaan ,kebebasan berorganisasi mendapat jaminan dalam UUD 1945.Pasal 28E ayat (3) UUD 1945 menyatakan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berserikat,berkumpul,dan mengeluar pendapat.Dengan adanya ketentuan dalam UUD 1945 tersebut,Negara Indonesia memberikan kebebasan kepada setiap warga negaranya untuk membentuk organisasi atau perkumpulan.Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya ,setiap anggota berhak untuk mengembangkan pikirannya dan mempunyai pendapat serta gagasan untuk memajukan organisasinya.

B.  Pentingnya Berorganisasi
Manusia adalah makhluk individu sekaligus makhluk social yang hidup di lingkungan masyarakat Sebagai makhluk sosial ,manusia harus berorganisasi dan berhubungan dengan orang lain.Sebagai makhluk sosial setiap manusia mempunyai hak dan kewajiban .Hak dan kewajiban tersebut harus di penuhi untuk mempertahankan hidupnya.Dalam mempertahankan hak dan kewajiban,manusia mempunyai kebebasan,akan tetapi ,kebebasan tersebut di batasi oleh hak orang lain.
            Semua mnusia cenderung ingin hidup bebas ,akan tetapi manusia tidak dapat bebas sepenuhnya .Ia harus melihat kepentingan sendiri dan orang lain karena orang lain juga memiliki kebebasan yang sama.Kalau tidak di atur maka akan bertabrakan dengan hak  orang lain.
            Kebebasan harus di arahkan,kebebasan pun harus diatur kalau.Kalau kebebasan tidak di atur maka kehidupan masyarakat dapat teratur,harus ada ketentuan yang mengaturnya.Ketentuan
itu bisa dalam bentuk tata tertib ,kesepakatan ,atau kebiasaan yang harus di taati meskipun tidak tertulis.Untuk mengatur semua itu ,orang – orang harus bergabung dalam suatu kelompok masyarakat,maupun dalam bentuk perkumpulan.

C.  Bentuk Organisasi
            Bentuk organisasi terbagi menjadi beberapa golongan. Diantaranya yaitu:
1. Organisasi - organisasi yang terbentuk dalam lingkungan sekolah khususnya di SD,di antaranya :
a.    Koperasi sekolah
Koperasi adalah usaha bersama yang di dirikan untuk kesejahteraan seluruh meminjam,selain itu koperasi juga menyediakan kebutuhan kebutuhan pokok siswa.
b.    Dokter kecil
Dokter kecil adalah murid – murid kelas IV,V,VI SD yang terpilih menjadi penggerak, pembimbing dan teladan bagi teman – temannya di sekolah.Dokter kecil juga merupakan ujung tombak pelaksanaan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).
c.    Pramuka
Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana ,yang berartiramukp rakyat muda yang berkarya.Kepramukaan mempunyai fungsi sebagai kegiatan menarik bagi anak atau pemuda ,yakni kegiatan ini mengandung suatu kegiatan yang menyenangkan dan mengandung nilai pendidikan.
d.   Komite sekolah
Komite sekolah merupakan badan yang mandiri berfungsi mewadai peran serta masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan mutu ,pemerataan,dan efisiensi pengelolaan pendidikan di tiap – tiap satuan pendidikan atau sekolah.
e.    Polisi kecil
Polisi kecil merupakan program pembinaan keamanan dan ketertiban yang di arahkan bagi murid – murid SD. Umumnya membantu polisi untuk mengatur lalu lintas di depan jalan sekolah mereka.

2.Organisasi sosial
            Merupakan organisasi yang mengatur system hubuungan antar orang dan antar kelompok berdasarkan jenis kegiatan dan pembagian fungsional untuk menyeleseikan kewajiban bersama di masyarakat.Contoh,RT,dan RW.

3.Organisasi politik
            Merupakan perkumpulan bersifat politis,yang mempunyai pandangan politik,dan tujuan  yang sama untuk masyarakat umum.Contoh,Partai politik.

4.Organisasi nonpemerintah
            Merupakan organisasi persekutuan antar lembaga internasional swasta yang ,mengabdikan diri di bidang agama ,ilmu pengetahuan ,kebudayaan ,dan kemanusiaan.Contohnya,LSM (Lembaga Swadya Masyarakat.

5.Organisasi antar pemerintah
            Merupakan organisasi yang anggotanya terdiri dari perutusan pemerintah resmi,seperti PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa).

6.Organisasi massa
            Merupakai organisasi yang anggotanya terdiri dari warga masyarakat umum. Contohnya ,Dewan Koperasi Indonesia.

D.  Peran serta dalam berorganisasi
Pemimpin adalah orang yang ditunjuk untuk memimpin dan mempersatukan kelompok dalam sebuah organisasi.Pemimpin ada di bagian paling atas dalam struktur organisasi. Pemimpin inilah yang mengendalikan anggota yang ada di bawahnya.
1.    Apa peranan pemimpin?
Dalam sebuah organisasi, pemimpin mempunyaiperanan yang sangat besar. Pemimpin harus mampu menjadikan anggota yang dipimpinnya bersatu. Semua bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Selain itu seorang pemimpin harus mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh anggotanya. Pemimpin juga diharuskan mampu memberikan motivasi anggotanya untuk bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Kekompakan dalam organisasi itu sudah menjadi keharusan. Apabila dalam organisasi kekompakan itu tidak terjaga, maka hasil kerja tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itulah dibutuhkan pemimpin yang pandai membuat anggotanya kompak.

2.    Bagaimana seharusnya menjadi pemimpin itu?
Pada dasarnya kita semua menjadi pemimpin,terutama untuk memimpin diri sendiri. Akan tetapi untuk menjadi pemimpin dalam organisasi dibutuhkan beberapa hal antara lain sebagai berikut.
a. Orang yang jujur.
b. Orang yang berpengetahuan luas.
c. Orang yang bisa memberikan penjelasan atau pengarahan.
d. Orang yang kreatif.
e. Orang yang mempunyai inisiatif.
f. Orang yang lapang dada.
g. Orang yang adil.
h. Orang yang bertanggung jawab.
i. Orang yang suka bermusyawarah.
j. Orang yang tegas.
k. Orang yang senang berbuat baik.
l. Orang yang disiplin.

3.    Anggota dalam berorganisasi
               Dalam sebuah organisasi ada pemimpin dan ada anggota. Jika dalam sebuah organisasi kamu tidak menjadi pemimpin, tentunya kamu akan menjadi seorang anggota. Itu artinya sebagai anggota kamu akan di pimpin oleh seorang pemimpin. sebagai anggota, kalian juga harus menjadi anggota yang baik. Untuk menjadi anggota yang baik, ada beberapa hal yang dapat di lakukan. Berikut hal-hal yang harus di miliki oleh seorang anggota organisasi yang baik.
a.   Mau bekerja sama dengan anggota lainya.
b. Melaksanakan keputusan yang telah di tetapkan bersama.
c. Disiplin melaksanakan tugas sebagai anggota.
d. Memberikan masukan kepada pimpinan.
Anggota yang baik dalam organisasi adalah anggota yang mempunyai kepedulian terhadap organisasinya. Jika ada keputusan yang sudah disepakati bersama, maka dijalankan dengan sungguh-sungguh. Begitu juga apabila ada langkah yang kurang tepat, sebagai anggota tidak boleh diam. Anggota sebaiknya memberikan masukan yang lebih baik.Pernahkah kamu dalam sebuah kelompok memberikan usulan berkaitan dengan sesuatu hal? Kalau pernah berarti kamu mempunyai kepedulian terhadap kelompokmu, dan itu artinya sebagai kelompok kamu telah menjalankan peran dalam sebuah organisasi.

4.    Ciri-ciri anggota yang baik
Anggota organisasi yang baik memiliki ciri-ciri mau bekerja sama dengan anggota lain. Mau melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan bersama. Berdisiplin dalam melaksanakan tugas sebagai anggota. Ikut serta mendukung segala keputusan yang diambil bersama, dan memberikan masukan atau saran kepada pemimpin.

BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Organisasi adalah bentuk perkumpulan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untukmencapai tujuan yang diinginkan bersama. Manusia adalah makhluk individu sekaligus makhluk social yang hidup di lingkungan masyarakat Sebagai makhluk sosial ,manusia harus berorganisasi dan berhubungan dengan orang lain.Sebagai makhluk sosial setiap manusia mempunyai hak dan kewajiban .Hak dan kewajiban tersebut harus di penuhi untuk mempertahankan hidupnya.Dalam mempertahankan hak dan kewajiban,manusia mempunyai kebebasan. Bentuk organisasi terbagi menjadi dua golongan
a.Organisasi - organisasi yang terbentuk dalam lingkungan sekolah
b.Organisasi-organisasi perkumpulan dalam masyarakat
Peran serta dalam berorganisasi,meliputi pemipin dan anggota, ada di bagian paling atas dalam struktur organisasi. Pemimpin inilah yang mengendalikan anggota yang ada di bawahnya.Sedangkan dalam hal berorganisasi pemimpin dan anggota harus bisa saling melengkapi dan bekerja sama,untuk menuju tujuan yang telah di targetkan,agar mendapatkan hasil yang maksimal.

­­Daftar Rujukan          
Sri Wilujeng Dyah, 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Esis
Sulhan Najib dkk, 2008. Mari Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : PT. Surabaya Intelectual Club

Bacaan yang Mungkin Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar