Rabu, 11 Januari 2012

Jenis Pendekatan Dalam IPS

1)Diskusikan pengertian pendekatan mono disiplin, pendekatan multi dan interdisiplin. Pendekatan lingkungan meluas pendekatan situasi kehidupan. Dan berikan masing-masing contohnya!

Jawab:
a.Pendekatan monodisiplin yaitu: suatu pendekatan yang berbahan pelajaran di organisasi atau bertitik tolak murni berdasarkan disiplin ilmu yang bersangkutan tanpa mempertaukan atau memfusikan cabang ilmu lainnya.
Contohnya: Misalnya pelajaran geografi khusus Geografi saja tanpa mempertahukan dengan ilmu lain dalam rumpun bidang studi ilmu sosial / IPS lainnya.

b.Pendekatan multi disiplin yaitu: pendekatan yang bersifat integrative (terpadu) merupakan pendekatan suatu konsep dari suatu cabang ilmu atau tema yang bahannya di organisasi dari berbagai cabang ilmu sosial secara terpadu.
Contohnya: Transmigrasi sebagai konsep geografi, materinya diisi oleh materi geografi sebagai materi kunci, ekonomi, sejarah, dan sosiologi.

c.Pendekatan Inter disiplin yaitu: suatu konsep dari ilmu sosial atau suatu topic disoroti oleh beberapa ilmu sosial atau ilmu lainnya.
Contohnya: Ipa, Agama, PKN, dan sebagainya, dan sebagainya sehingga siswa dan siswi melihat masalah itu lengkap dari berbagai sudut. Misalnya konsep atau topic bunga modal sebagai konsep dari bidang ekonomi.

d.Pendekatan lingkungan Meluas yaitu: Strategi penyampaian pembelajaran IPS sebagaian besar didasarkan kepada suatu tradisi yang materinya disusun dalam urutan anak atau diri sendiri, keluarga, masyarakat, tenaga, kota, wilayah, Negara dan dunia.
Contohnya: ekonomi, geografi, disitu siswa diajarkan tentang ilmu yang berhubungan dengan sistematis bergerak dalam lingkungan konsentris keluar dari lingkungan tersebut, kemudian mengembangkannya untuk menghadapi unsur-unsur dunia yang lebih luas.

e.Pendekatan situasi kehidupan yaitu pendekatan yang berorientasi kemasyarakatan (community field base approach) sehingga lebih melibatkan masyarakat dari pada buku teks atau disiplin ilmu.
Contohnya: Sosiologi mencakup aspek kemanusiaan dalam lingkungan masyarakat (kepribadian tingkah laku), Ekonomi mencakup usaha-usaha masyarakat dalam mencukupi kebutuhan, yang meliputi : sandang, pangan, papan, kesehatan, rekreasi, pendidikan, kesenian dan keagamaan.


Bacaan yang Mungkin Terkait:

2 komentar: