Wednesday, June 20, 2012

Sejarah Penggunaan Tembakau Sebagai Rokok

Sekitar tahun 1942 M, seorang pelaut terkenal yang bernama Christoper Columbus telah menemukan Benua Amerika. Ketika itu dia menyaksikan pendududk setempat yaitu orang-orang Indian sedang asyik menghisap lintingan tembakau yang sekarang kita kenal sebagai rokok. Karena terpengaruh kebiasaan ini ia lalu melakukan sendiri dan memperkenalkanya ke Benua Eropa. Maka sejak permulaan abad ke-16, Eropa di kenal dengan pohon-pohon tembakaunya dan kebiasaan masyarakatnya menghirup asap rokok.

Mendekati abad ke-18, kebiasaan merokok mulai memberikan pengaruh pada Negara-negara lain seperti Denmark, Swedia, Slovakia. Sedangkan di Negara-negara Islam pada saat itu belum di kenal rokok dan pohon tembakau. Awal munculnya rokok di Negara-negara Islam adalah pada akhir tahun keseribu dari tahun Hijriah yang di bawa oleh orang-orang Nasrani, lalu menyebarlah rokok itu di negara-negara Islam secara merata.

Di Indonesia ssendiri, penggunaan tembakau sebagai rokok baru di kenal sejak kedatangan penjajah dari Eropa. Penjajah pada asaat itu memperkenalkan daun tembakau yang di keringkan kepada bangsa kita. Awalnya kebiasaan ini masih di anggap aneh namun lama kelamaan tembakau menjadi sesuatu yang di dambakan oleh mayoritas penduduk di negeri ini karena zat adiktif yang ada pada rokok telah membuatnya kecanduan. Bahkan dari tahun 1990-1997, pertumbuhan jumlah perokok di Indonesia telah mencapai 44%, dan merupakan yang tertinggi didunia.


Bacaan yang Mungkin Terkait:

No comments:

Post a Comment

free counters